[K-DRAMA] Reply 1994 (2013)


Awalnya saya nggak tertarik nonton drama ini pada masa tayangnya. Tertarik ngumpulin episodenya, iya. Tapi tertarik untuk langsung nonton, enggak. Dan well yah~ sampai berbulan-bulan masa tayangnya habis dan episodenya sudah lengkap saya kumpulkan pun saya masih belum tertarik menontonnya.

Yep, saya takut kecewa.

Saya sangat menyukai drama yang hadir terlebih dulu sebagai sekuelnya, Reply 1997. Dan rasanya masih belum bisa move on dari kisah-kisah konyol nan menarik yang disajikan disitu. Oke, saya sudah bisa move on dari Seo In Guk tapi belum bisa move on dari Soon Yoon Jae. >_<

Yang membuat saya semakin tidak tertarik untuk segera menonton dramanya adalah para pemainnya yang masih asing di mata saya. Dari semua pemain yang ada, saya cuma kenal dua wajah. Pertama si pemeran cowok nyebelin di Werewolf Boy. Ya, Yoo Yeon Suk. Kedua, salah satu personil B1A4, Baro. Tapi tetep, kehadiran mereka dengan image berbeda dari peran yang kutonton sebelumnya masih belum membuatku tertarik.

Meskipun akhirnya saya menontonnya juga alih-alih merasa ‘eman-eman’ udah download dan lantaran waktu luang yang ada. :D

Hasilnya ………. Oke, saya nggak terlalu puas.

Kalau sebelumnya ada Sung Shi Won yang jadi lead female dengan karakter berisik, galak, dan semaunya sendiri. Disini juga ada Sung Na Jeung dengan karakter yang sama. Mereka berdua juga sama-sama seorang fanatik idolnya. Bedanya, kalau Shi Won fanatik personil boy band, Na Jeung fanatik pemain basket. Cuma sayangnya, saya merasa kefanatikan Na Jeung disini semakin menipis di setiap episodenya. Jadi karakternya dia yang seorang fangirling jadi nggak terasa lagi di akhir-akhir episodenya.

Yang menarik disini adalah, pemeran orang tua Na Jeung. Yep, Ibu Il Hwa dan Bapak Dong Il kembali lagi disini dengan karakter yang sama dari peran mereka sebelumnya di Reply 1997. Agak ngerasa konyol juga. Mungkin sebaiknya pemeran orang tua nya juga berbeda? Tapi justru saya merasa kalau tidak ada mereka berdua di drama ini, karakter drama ini jadi lemah. Ya, kehadiran mereka berdua jadi penguat disini. Pun menjadi penguat bagi karakter-karakter lainnya yang muncul disini.

Ceritanya orang tua Na Jung adalah pemilik kos-kosan di Seoul yang berasal dari daerah. Na Jung sendiri merupakan mahasiswa tingkat pertama jurusan Ilmu Komputer. Dan 4 dari 6 penghuni kos disitu juga adalah mahasiswa baru yang 3 diantaranya adalah teman sejurusan Na Jung.


Penghuni kos pertama adalah Sseurekki, artinya Sampah dalam Bahasa Indonesia. Dia dipanggil begitu karena karakternya yang kayak ‘sampah’. Jorok dan semaunya. Haha. Di awal cerita semua penonton akan mengira kalau dia adalah kakak kandungnya Na Jung. Tapi ternyata bukan. Saya pribadi suka dengan chemistry mereka berdua di awal cerita yang hobinya berantem tapi sebenernya mereka saling ngertiin satu sama lain. Gemes juga sih sebenernya kalau punya kakak kayak si Sampah ini. Tapi entah kenapa saya malah jadi mendambakannya. Kakak yang dari luar terlihat cuek tapi sebenarnya sangat peduli dengan saudaranya. Aih, saya malah jatuh cinta sama karakter si Sampah ini. Apalagi sisi lainnya di mata non keluarganya bahwa sebenarnya dia adalah mahasiswa kedokteran yang pintar dan jadi idola dimana-mana. Njeglek banget sama perannya saat di rumah. :D


Kemudian, Haitai. Dia teman satu jurusan dengan Na Jung yang suka seenaknya sendiri ke teman sekamarnya tapi sebenernya dia tuh setia kawan banget. Karakternya playboy, tapi sebenernya dia setia dan sayang banget sama pacarnya di kampungnya sono. Meskipun akhirnya mereka putus. Hihi.

Lalu, Samcheonpo. Menurut ibunya, dia ini mirip aktor Leslie Cheung. Dan betapa kagetnya orangtua Na Jung ketika menyadari bahwa mereka berdua bagaikan langit dengan bumi. Haha. Samcheonpo ini kalau ngomong paling medok. Jadi paling kelihatan kalau dia berasal dari desa #digaplok. Dia sebel banget sama Haitai karena ngerasa di bully sama temen sekamarnya itu. Tapi seiring waktu mereka jadi sahabat karib yang tidak terpisahkan. Hehe.

Next, Jo Yoon Jin. The one and only anak kos berjudul perempuan. Dia mengingatkan saya pada Shi Won. Yep, mereka berdua adalah penggemar gila personil boyband. Bedanya, Shi Won memang kelihatan gila terus, tapi Yoon Jin ini nggak kelihatan gilanya kalo belum kenal. Haha. Ya, di awal perkenalannya Yoon Jin ini merupakan sosok yang misterius. Pendiam abis. Tapi lama kelamaan sih enggak. Kebiasaan jelek dan menariknya adalah ketika dia tidak bisa mengontrol bicaranya saat sedang mabuk. Ya, dia memang sosok yang tepat jadi tempat curhat tapi saat dia mabuk… say bye deh buat yang namanya rahasia. Semua rahasia siapapun dia bongkar. Dia jadi tempat sampah bolong, deh. Ekekek. Oia, dia itu paling gak akur sama Samcheonpo. Tapi dimana-mana tuh ada yang namanya rumus benci = cinta. Yoweslah, mereka berdua akhirnya jadi pasangan kekasih pertama di kos-kosan itu.



Lanjut, Binggeure. Dia mahasiswa kedokteran tingkat pertama sekaligus adik angkatan si Sampah yang menyadari keganjilan seniornya saat di rumah dan saat di kampus itu. Nasibnya masuk kedokteran berlawanan dengan kata hatinya. Ya, dia terpaksa masuk kedokteran yang membuatnya cuti diam-diam dari kuliahnya. Yang pada akhirnya sebuah peristiwa menyadarkannya dan membuatnya mantap untuk melanjutkan kuliah kedokterannya. Awalnya kayaknya dia diberi karakter gay, deh, kalau dilihat dari sikapnya. Tapi syukurlah, endingnya dia punya istri cewek. Mungkin pas di awal dia masih labil aja. Haha.

Last, Chilbong. Awalnya dia bukan penghuni kos situ. Tapi karena sering main dan nginap disitu, endingnya dia pun juga ngekos disitu. Chilbong ini aslinya adalah sepupunya Binggeure yang tinggal di Seoul. Dia adalah seorang atlit baseball yang terkenal dengan keahliannya sebagai pitcher. Profesinya itu membuatnya jadi anak emas ayahnya Na Jung yang notabene adalah pelatih baseball dan ingin sekali Chilbong masuk ke timnya. Ah ya, Chilbong ini udah naksir Na Jung dari awal. Kasihan ya, ganteng-ganteng jadi rusak gara-gara naksir sama cewek galak macam Na Jung. Ekekekek. 


Oia, selain Yoon Jin dan Na Jung, 5 tokoh cowok yang disebutkan di atas semuanya adalah nama panggilan mereka di drama ini, ya. Bukan nama karakter asli mereka. Yep, karena nama asli mereka merupakan sebuah pemecah misteri dalam drama ini. Sama seperti Reply 1997, alur drama ini maju mundur antara 2013 ke 1994. Dan penonton masih harus menebak siapa suami Na Jung sebenernya. Dan kandidatnya ya 5 cowok itu. Petunjuk awalnya adalah, nama suami Na Jung : Kim Jae Joon. Nha, diantara mereka siapa yang namanya Kim Jae Joon?

Saya puas tergelak parah saat menonton drama ini di episode-episode awal. Saya sangat menikmati betapa konyolnya keluarga Na Jung, serta hubungan masing-masing karakter disini. Saya suka drama ini yang menceritakan kisah di masing-masing tokohnya. Jadi nggak cuma nguplek di sekitar Na Jung aja. Meski memang, sebagai karakter utama, dia tetap dapat space yang lebih banyak. :D


Sayangnya, saya mulai merasakan kebosanan tingkat akut mendekati episode-episode akhir. Rasanya cerita yang disajikan terlalu dipaksakan dan malah membosankan. Daripada nonton sambil njerit-njerit ‘ini kapan rampungnyaaaa???’. Akhirnya saya lebih memilih untuk melakukan skip-skip saja. 21 episode itu kebanyakan. 16 saja cukup. Analisa saya kenapa episode nya kepanjangan ini karena kisah Na Jung – Chilbong masih kurang, sementara SWnim nya masih ingin penonton menebak sampai akhir siapa suami Na Jung, hingga akhirnya mereka terjebak pada Chilbong. Meskipun dari pertengahan saya sudah bisa menebak dan tebakan saya benar. Hahaha. #abaikan

Yap, setiap penonton punya kesan pesannya sendiri-sendiri. Jadi nggak dosa dong yaa kalau saya bilang drama ini cukup mengecewakan (bagi saya). :p

Drama ini saya rate 7/10.

Dan pada akhirnya saya jadi pengen banget punya kakak kayak Sseurekki. >_< Buat yang belum nonton, bisa dicoba nonton. Lumayan, bisa buat ngisi waktu luang sambil ngakak-ngakak lihat tingkah konyol mereka. xD … Dan kayaknya bukan Reply namanya kalo nggak ada backsound ‘embeeeeeeek’nya … :v

Happy Watching, Sahabat Iseng!

REPLY 1994
Judul Lain : Answer Me 1994
Genre : Romance, Comedy
Episode : 21
Go Ara
as Sung Na Jung
Jung Woo
as Sseureki
Yoo Yeon Seok
as Chilbong
Kim Sung Kyun
as Samcheonpo
Son Ho Jun
as Haitai
Baro (B1A4)
as Binggeure
Min Do Hee (Tiny G)
as Jo Yoon Jin
Sung Dong Il
as  Sung Dong Il
Lee Il Hwa
as Lee Il Hwa

DOWNLOAD AREA

Download Drama : Klik Disini
Subtitle Indonesia : Klik Disini
Download OST : Klik Disini


0 komen:

Posting Komentar